01 Mar Tips saat akan memilih ban untuk kendaraan

Komponen yang tidak boleh dilupakan pada kendaraan Anda baik motor maupun mobil yaitu ban. Ban yang berbahan dasar dari getah pohon karet ini memberikan kenyamanan bagi para penggunanya dalam melakukan perjalanan, baik itu dari segi keamanan maupun akselerasinya. Pada dasarnya, Anda harus cermat dalam memilih ban untuk kendaraan Anda, salah memilih ban yang akan dipakai bisa – bisa berabe nanti urusannya.

ban mobil

Dari setiap dinding ban selalu ada informasi lengkap tentang jenis ban. Jadi, setiap pemilik kendaraan akan mudah untuk memilih jenis ban yang akan digunakan pada kendaraannya, sesuaikan juga dengan kebutuhan. Lalu, bagaimana caranya memilih ban yang tepat untuk kita pakai? Yuk simak saja tips memilih ban untuk kendaraan di bawah ini.

1. Konstruksi dari bannya
Pertama, Anda harus tahu tahu dan paham dulu ban yang akan dipilih, apakah Anda akan menggunakan ban berjenis radial atau bias? Nah, jika Anda belum mengerti, kami jelaskan sedikit dari kedua jenis ban ini. Untuk ban radial sendiri memiliki telapak lapisan yang distabilkan yang saling silang, dan casingnya memiliki satu lapisan radial. Keuntungannya, meskipun harga lebih mahal tetapi penggunaan bahan lebih irit, dan juga lebih stabil. Sedangkan ban bias memiliki casing beberapa lapisan yang saling silang, hanya saja telapaknya tidak stabil. Kelebihannya hanya harganya yang lebih murah saja, kekurangannya bahan bakar jadi lebih boros dan sulit untuk mengendarakannya karena keras.

2. Memperhatikan diameter pelek
Setelah Anda memutuskan untuk memilih ban antara bias dan radial, kini Anda harus perhatikan juga diameter dari peleknya itu sendiri. Pastikan juga ban yang Anda pilih sesuai diameternya dengan pelek yang kini digunakan. Jika Anda memilih yang lebih besar dari diameternya tentu tidak akan memberikan performa yang baik, selain kendaraan berjalan lebih lambat, mobil Anda pun akan menjadi boros dari segi bahan bakarnya.

tips memilih ban

3. Coba lihat kemampuan ban
Ban sendiri memiliki kemampuan mengangkat beban dengan kekuatan yang berbeda – beda. Memang sedikit ribet untuk urusan yang satu ini, Anda harus menghitung beban muat mobil beserta para penumpang atau barang – barang yang ada di dalamnya. Tapi tenang, biasanya para pabrikan selalu memberi tahu beban maksimal yang bisa ditopang oleh satu ban. Jadi, Anda tinggal memilih satu ban yang memiliki beban maksimal misal 90 kg dikalikan 4.

4. Alur ban
Yang terakhir, Anda harus mengetahui juga alur desain dari ban itu sendiri, biasanya ada yang lurus dan juga ada yang memiliki alur lain. Rata – rata, ban yang digunakan pada kendaraan yaitu yang memiliki alur lurus, mengapa? Karena ban dengan alur lurus cocok untuk digunakan pada tempat yang basah, tepatnya saat terjadi hujan.

#mobil, #kirimmobil

No Comments

Post A Comment