debu vulkanik pada mobil

20 Feb Tips Bersih-Bersih Mobil Yang Terkena Abu Vulkanik

Letusan Gunung Kelud pada pekan lalu rupanya berbuntut pada menyebarnya abu vulkanik di beberapa area di Pulau Jawa. Selain memakan korban yang tidak sedikit, abu vulkanik tersebut rupanya selain memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, objek lain yang turut mendapat kerugian adalah kendaraan roda empat atau mobil.

Harap diketahui bahwa di dalam abu vulkanik terdapat unsur asam sulfat yang sangat kental yang mampu menyebabkan korosi pada kendaraan. Jika hal ini di diamkan tentu dapat menyebabkan kondisi yang fatal pada kendaraan kesayangan. Untuk Anda yang kendaraannya terkena abu vulkanik, maka berikut cara membersihkan abu vulkanik dari kendaraan Anda:

debu vulkanik

1. Gunakan Air Secara Hati-Hati
Hal pertama yang ingin Anda lakukan tentunya memastikan apakah abu masih menyebar atau tidak, pastikan abu vulkanik memang sudah tidak menyerang lagi. Jika sudah, maka Anda bisa mengambil selang air untuk menyemprot kendaraan Anda. Untuk mengurangi resiko yang mungkin dari gesekan antara abu dan cat kendaraan, maka Anda harus pintar-pintar mengatur tekanan air yang Anda gunakan. Harap tidak menggosok permukaan kendaraan dengan jenis lap apapun karena abu vulkanik memiliki tekstur yang tajam dapat merusak lapisan cat kendaraan.

2. Tingkatkan Tekanan Air
Periksa bagian ban dan shock breaker kendaraan Anda, untuk membersihkan kotoran pada bagian itu sebaiknya Anda meningkatkan tekanan air pada selang Anda untuk memudahkan membersihkan sisa-sisa kotoran, sabar dan teliti untuk membersihkan sela-sela bagian sempit di area sekitar ban.

3. Shampoo Mobil
Karena abu vulkanik mengandung asam, maka siapkan perawatan kendaraan yang biasa Anda gunakan untuk mencuci yaitu shampoo. Shampoo kendaraan yang baik adalah shampoo yang memiliki kadar PH yang netral, hal ini juga mampu menjaga kualitas cat kendaraan Anda. Setelah Anda merasa sisa-sisa abu vulkanik sudah menyingkir dari kendaraan Anda. Ulangi langkah ini sekali lagi dengan shampoo yang sama, perhatikan di sela-sela jendela, dimana abu vulkanik mungkin masih nyempil. Jika sudah selesai, bilas kendaraan menggunakan tekanan air yang sedang serta menggunakan lap yang bersih untuk mengelap bagian yang basah.

debu vulkanik pada mobil

5. Tutup Dengan Cover Kendaraan
Jika sebelumnya Anda tidak pernah memiliki cover kendaraan, maka ini saat yang tepat Anda membelinya. Jika sudah bersih, maka hal terbaik adalah merawatnya. Cover kendaraan memiliki fungsi yang baik untuk melindungi kendaraan dari debu dan kotoran lain yang mungkin saja menghampiri.
Itulah tips untuk memelihara mobil dari abu vulkanik, selamat mencoba dan semoga berhasil.

No Comments

Post A Comment