Mengendarai-Mobil-saat-Hujan

03 Nov Tip mengendarai Mobil saat Hujan

Bulan November untuk daerah tropis khususnya Indonesia biasanya mulai memasuki musim hujan. Bagi pengendara roda dua maupun roda empat perlu melakukan persiapan guna menghadapi kejadian-kejadian tak terduga di jalan. Banyak kecelakaan yang seharusnya dapat dicegah, tetapi disebabkan oleh pengendara yang terlalu berani mengambil resiko besar untuk tetap tidak mau menyadari bahwa ada bahaya yang akan timbul dalam cuacu-cuaca yang tak menentu disaat terjadinya curah hujan yang cukup besar.

tips Mengendarai-Mobil-saat-Hujan

Perlu kita ketahui bersama, Ketika jalan basah, dimana cerminan air di aspal dapat menyebabkan ban kehilangan keseimbangan dan kurangnya cengkraman pada dataran aspal. Kurang jelasnya sebuah jarak pandang mengemudi ke bagian depan jalan, sehingga menurunkan pengelihatan daya pandang mata pada saat melihat jalan, belum lagi curah hujan yang cukup besar dapat menggangu penglihatan mata pada saat melihat kaca yang dipenuhi dengan curah air yang cukup besar disertai pergerakan wiffer yang cepat.

Berikut adalah beberapa tips berkendara pada musim hujan yang mungkin berguna untuk anda terapkan sehari-hari
1. Sediakan selalu kota Emergency. Paket emergency dapat memenuhi kebutuhan darurat Anda karena dilengkapi dengan senter, sekering, pompa, air, perlengkapan PPPK (first aid) dan perlengkapan lainnya yang sangat diperlukan ketika menemui situasi darurat.

2. Periksalah rem, kemudi, level cairan pada perangkat aki jika menggunakan aki basah, cairan radiator/radiator coolant, oli/pelumas/ dan cairan penyemprot wiper Sebelum berkendara. Selain itu periksa juga tekanan dan kedalaman kembangan ban agar Anda siap jika menghadapi hujan deras.

3. Berhati-hatilah saat berkendara. Perhatikan kecepatan kendaraan Anda. Mengemudi pada kecepatan tinggi tidak diperlukan di musim hujan. Genangan membuat jalan menjadi licin dan mudah menyebabkan pengendara hilang kendali.

4. Nyalakan lampu depan kendaraan Anda ketika hujan. Cahaya lampu dapat membantu pengelihatan Anda dan membantu pengendara lain mengetahui keberadaan Anda dari jarak yang cukup jauh.

5. Hindari rem mendadak. Injaklah rem perlahan-lahan sehingga ban tidak mudah tergelincir. Jika Anda menginjak rem hingga limit, ada kemungkinan kendaraan akan selip dan sulit dikendalikan. Lakukan pengereman secara bertahap sebelum bener-benar berhenti.

6. Mengemudi dengan hati-hati dan jagalah jarak aman dengan kendaraan di depan. Jika jalan basah, Anda akan butuh lebih banyak waktu dan jarak untuk bereaksi terhadap bahaya. Hindari berkendara di belakang kendaraan besar. Cipratan air akan mengganggu pengelihatan Anda.

7. Selalu waspada dengan tanda-tanda berhenti atau hambatan yang merintangi jalan. Jangan pernah melewati banjir  jika Anda belum mengenal kondisinya. Carilah alternatif jalan lainnya.

8. Hindari genangan air di jalan. Anda tidak pernah tahu berapa dalam genangan air tersebut. Jika Anda menghajar genangan pada kecepatan tinggi dan terdapat lubang yang dalam, dapat menyebabkan kerusakan pada bumper atau radiator.

No Comments

Post A Comment