03 Mar Simak Cara Mudah Untuk Memoles Kaca Kendaraan Yang Terkena Baret

Baret-baret pada kaca kendaraan merupakan pemandangan yang cukup menyebalkan bagi para pengendara mobil. Kotoran pada kaca yang kemudian tersapu oleh wiper merupakan hal utama yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Salah satu senjata ampuh untuk mengatasi baret tersebut adalah dengan cara di poles, selain itu kegiatan ini juga memberikan perlindungan tersendiri bagi kaca kendaraan.

Meskipun pemolesan kaca lebih baik dilakukan pada tempat terpercaya seperti bengkel, sebenarnya Anda sendiri pun dapat melakukannya pada saat waktu luang. Simak cara mudah untuk memoles kaca kendaraan yang terkena baret disini.

tips memperbaiki body mobil kendaraan

Untuk memoles kaca mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan serta perlengkapannya. Anda bisa mendapatkan bubuk poles kaca seperti cerium oxide dengan mudah di toko yang menjual perlengkapan poles. Jangan lupa siapkan sebuah amplas yang cukup halus lalu sebuah bantalan yang biasa disebut polish pad yang menggunakan bahan bernama ‘Felt’. Lebih baik lagi jika Anda memiliki bor, hal ini bisa sangat berguna pada proses pemolesan untuk mempermudahnya.

Beli backing pad berukuran sampai 4 inchi yang terdapat di toko perlengkapan kendaraan agar polish pad dapat dipasang pada alat bor. Siapkan perlengkapan seperti kertas atau koran, lap chamois (kanebo), semprotan air dan selotip.

Jika semua perlengkapan telah siap, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk memoles kaca mobil :

1. Gunakan air dan lap untuk membersihkan permukaan kaca. Untuk mengecek sebuah baret pada kaca, Anda dapat mengukur ketebalan baret tersebut menggunakan ujung kuku jari. Jika memang cukup dalam, gunakan amplas untuk menghilangkan baret, pastikan Anda menggosok dengan lembut.

2. Jika sudah selesai, gunakan kembali air dan lap untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa. Untuk melindungi body gunakan selotip untuk membungkus pinggiran kaca. Anda juga bisa menambahkan koran atau kertas pelindung. Hal ini penting dilakukan karena cairan poles yang mengering mampu merusak cat body kendaraan.

3. Gunakan bubuk poles yang sudah dibeli dan larutkan dengan air bersih. Pastikan larutan tidak terlalu cair, karena semakin cair larutan tersebut, maka proses pemolesan bisa menjadi lama dikarenakan oleh sifat abrasif yang dimiliki oleh bubuk cerium oxide.
4. Ambil bor yang sudah terpasang polish pad berikut backing pad nya. Alternatif lain Anda bisa menggunakan tangan Anda. Olesi kaca dengan cairan cerium oxide yang sudah larut, dan gunakan gerakan melingkar saat memoles kaca.

tips memperbaiki body mobil

5. Hindari memoles terlalu lama pada satu bagian, bergeraklah perlahan pada seluruh bagian kaca. Berikan penekanan dengan tekanan yang cukup namun tidak terlalu keras pada bagian yang terdapat baret. Semprotkan air pada saat memoles agar tidak terjadi gelombang dan keretakan pada kaca mobil akibat gesekan yang ditimbulkan.

6. Jika cairan cerium oxide sudah habis namun pekerjaan Anda belum selesai, maka tambahkan cairan tersebut untuk kembali memoles baret sampai hilang.

7. Setelah semua proses selesai, gunakan kanebo agar kaca kendaraan tampak bersih dan berkilau.

#kirimmobil, #mobil

No Comments

Post A Comment