19 Feb Renault Twingo, Pilihan City Car terbaru dari Renault

Renault akhirnya merilis penampakan generasi ketiga seri Twingo, yang untuk pertama kalinya dalam 24 tahun sejarah pabrikan asal Perancis tersebut yang menggunakan konsep lima pintu pada produknya. Renault bahkan bekerja sama dengan pabrikan asal Jerman, Mercedes, untuk membuat rancangan kendaraan imut ini. Twingo terlihat minimalis dengan konsep yang memadukan sentuhan konsep Twin’Z buatan Ross Lovegrove dan konsep beraliran rally ala Twin’Run yang sebelumnya telah diperlihatkan kepada publik 2013 silam.

renault-twingo

Head of Design Renault, Laurens van den Acker, menyatakan bahwa faktanya, kedua konsep tersebut didapat dari produk legendaris mereka di tahun 80an, Renault 5. Di lain sisi, Twingo juga terlihat menggunakan konsep produk sebelumnya Clio, bisa terlihat jelas pada bagian pintu belakang. Melalui Twingo, Renault juga sepertinya berharap bahwa produk mereka ini setidaknya mampu membuat Renault kembali diperhitungkan pada pasar otomotif saat ini terutama pada kelas city car, setidaknya seperti seri Megane.

Perbedaan paling nyata yang diterapkan pada Twingo dibandingkan generasi sebelumnya adalah sistem kemudi yang digunakan yaitu rear-wheel drive, dari yang sebelumnya front-wheel drive. Mengikuti trend penggunaan konsep turbo pada mesin, Renault juga tidak ingin ketinggalan dengan memasukan mesin tiga silinder bertenaga turbo.
Meskipun pada seri Captur dan Clio juga ditemui penggunaan mesin ini, namun Renault mengklaim bahwa Twingo memiliki tenaga yang lebih sangar dibanding dua pendahulunya. Menggunakan mesin tiga silinder 898cc dengan tenaga turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 89bhp. Mesin ini mampu mencapai 62.8 mpg.

Dari segi kompetitor, banyak yang memprediksi beberapa rival berat Twingo antara lain adalah Vauxhall Adam, Fiat 500 dan tentu saja Mini Cooper. Vauxhall Adam dianggap mampu menjadi penantang serius tentu karena pilihan kustomisasi warna yang mereka tawarkan kepada konsumennya. Belum lagi bobot kendaraan ini yang cukup ringan, sangat gesit untuk daerah perkotaan.

renault-twingo-renault

Sementara Fiat 500 memberikan opsi kepada pelanggan yang ingin lebih bergaya dengan konsep dua pintu namun masih dalam kelas city car. Mini Cooper? Tentu saja ketiganya harus rela mempersilahkan Mini untuk berada di pilihan pertama kelas city car.
Twingo sendiri akan dibanderol kurang dari £10k atau sekitar 194 juta rupiah, dan meskipun belum diketahui kapan tanggal rilisnya, bagi penggemar city car yang ingin mencicipi city car ala Eropa, tidak ada salahnya menunggu, terutama bagi mereka yang sudah bosan dengan pabrikan Jepang.

No Comments

Post A Comment