27 Feb Pentingnya Mengecek Sistem Grounding Pada Kendaraan

Sistem grounding yang berhubungan dengan vehicle electricity merupakan sebuah hal yang cukup sering dilupakan oleh para pemilik kendaraan pribadi. Padahal, sistem grounding berhubungan langsung dengan kinerja listrik, sehingga jika ingin mendapatkan kinerja maksimal, maka para pemilik kendaraan harus lebih ekstra dalam memperhatikannya.

Cara kerja grounding adalah sebagai arus balik dimana kabel arus negatif dan chassis saling berhubungan melalui sistem listrik. Arus ini akan mempengaruhi seluruh perangkat yang memiliki arus listrik pada sebuah kendaraan atau mobil. Jangan hanya berpikir untuk urusan audio dan komponen starter saja, bagi yang memiliki komponen ECU pada kendaraannya, baik atau buruknya sistem grounding dapat mempengaruhi kinerja mesin.

Pentingnya Mengecek Sistem Grounding Pada Kendaraan 2

Berbagai masalah bisa timbul dari sistem grounding yang buruk pada sebuah kendaraan. Hal ini juga dapat berimbas pada pemahaman yang buruk akan kelistrikan dan ketika terdapat sedikit permasalahan, pemilik kendaraan cenderung langsung mengganti komponen tersebut, padahal cukup dengan mengerti bagaimana cara merawatnya.

Untuk lebih jelasnya dampak negatif apa yang bisa terjadi apabila sistem grounding mobil  berjalan  tidak bagus, silahkan menyimak hal berikut:

1. Sulitnya Mau Starter

Starter itu merupakan sebuah kegiatan dimana seorang pengemudi menyalakan kendaraanya. Untuk menyalakan sebuah kendaraan, maka penggunaan listrik sangat erat hubungannya. Bagaimana bisa melakukan pembakaran apabila arus listrik tidak sampai? Jika kendaraan memiliki masalah susah starter, ada baiknya langsung mengecek sistem grounding kendaraan tersebut.

2. Lampu Remang-Remang Cenderung Redup

Sangat wajar apabila lampu kendaraan redup, maka si pengendara akan menggantinya dengan yang baru. Namun jangan tergesa-tergesa, lampu kendaraan yang redup bisa saja dipengaruhi oleh sistem grounding. Sistem grounding yang tak terurus berujung pada kinerja yang menurun dan salah satu efeknya adalah lampu redup.

Pentingnya Mengecek Sistem Grounding Pada Kendaraan

3. Lampu Indikator Nyala Sendiri

Bensin belum habis, tapi indikator sudah main nyala sendiri? Ya, sistem grounding yang buruk bisa menyebabkan salah persepsi pada lampu indikator.

3. Borosnya Aki Kendaraan

Jika arus listrik tersendat, maka kendaraan akan beralih kepada daya yang dimiliki aki. Jika dibiarkan maka, aki kendaraan bisa cepat habis lebih dari biasanya.

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi berbagai hal diatas? Cara terbaik adalah untuk selalu mengecek keadaan konektor kabel grounding kendaraan agar selalu terjaga kondisinya. Perhatikan kebersihan kabel-kabel tersebut, karena korosi merupakan musuh utama sistem grounding yang dapat menghambat sampai menurunkan kinerjanya.

#Kirimmobil, #mobil

No Comments

Post A Comment