10 May Tingkat kepuasan dalam layanan jasa pengiriman mobil

Dalam menjalankan sebuah usaha jasa, tentunya kepuasan pelanggan adalah hal yang paling diutamakan. Bagaimana tidak, jika pelayanan jasa sebuah perusahaan tidak bisa memenuhi standar kelayakan menurut seorang konsumen, tentunya akan mengurangi kredibilitasnya.

Pengiriman-Mobil
Begitupun dengan jasa pengiriman mobil. Jika dalam prakteknya membuat klien tidak puas, hal ini akan berdampak buruk dikemudian hari. Beberapa aspek yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu proses penerimaan pelanggan, fasilitas outlet, proses transaksi, proses penanganan dokumen, tenaga pemasaran, waktu pengiriman, dan proses serah terima kendaraan.

Ke-7 faktor tersebut diurutkan dari yang paling penting meliputi: proses pengiriman, saat pengiriman, kesepakatan yang diperoleh, fasilitas dealer, tenaga pemasaran, penanganan dokumen dan proses awal penjualan. Kinerja SSI dilaporkan dalam skor indeks berskala 1.000 poin.

Semakin tinggi skor SSI mengindikasikan semakin tingginya kepuasan terhadap proses penjualan kendaraan baru dan proses pengirimannya.

Secara keseluruhan, nilai rata-rata kepuasan penjualan mencapai 773 di tahun 2012, naik 1 (satu) poin dibandingkan tahun 2011 lalu.

Terkait dengan estimasi waktu pengiriman mobil dari suatu tempat ke tempat tujuan, lamanya waktu tunggu pengiriman kendaraan baru dan semakin singkatnya interaksi karyawan diler dengan pelanggan menyebabkan kepuasan menipis.

Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa di tahun 2012 tenaga penjual hanya menghabiskan 86% waktunya untuk memberi penjelasan kepada konsumen, turun 3% dari tahun 2011. Tingkat kepuasan di antara para
pembeli pertama juga lebih rendah dibanding angka rata-rata industri.

Studi SSI Indonesia tahun 2012 ini disusun berdasarkan jawaban dari 2.805 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka pada periode antara Oktober 2011 dan Juni 2012. Studi ini dikumpulkan dan diolah antara bulan April dan Agustus 2012.

Pertumbuhan minat dan kebutuhan penduduk akan kendaraan dewasa ini semakin meningkat. Pertumbuhan pasar otomotif tahun ini cukup bagus. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada September mencapai 102 ribu unit. Total penjualan dari Januari – September sebanyak 817 ribu unit.
Dengan demikian, usaha jasa pengiriman mobil merupakan lahan segar yang patut dilirik oleh para pengusaha. Namun demikian, profesionalitas dalam pelayanan nantinya yang akan menjadi tolak ukur apakah perusahaan tersebut memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dari kliennya atau tidak.

No Comments

Post A Comment