17 Mar Michelin Dan Porsche Jadi Partner Pada Ajang Balap Ketahanan

Kejuaraan Balap Ketahanan Dunia yang diadakan Porsche pada tahun 2014 ini menggandeng Michelin sebagai partner teknis. Michelin ikut memiliki peranan dalam mengembangkan Porsche 919 Hybrid, dengan merancang ban khusus protorype pada model Le Mans Prototype 1 atau disingkat LMP 1. Kedua pihak telah melakukan uji teknis, terhadap ban michelin yang digunakan pada LMP1 yang sudah disempurnakan pada Porsche 919 Hybrid.

Porsche 919 Hybrid
Kejuaraan Balap Ketahanan ini sendiri merupakan kejuaraan yang memiliki konsentrasi untuk menampilkan performa uji ketahanan mobil prototype. Ukuran ban yang digunakan sendiri adalah 31/71-18, sesuai peraturan tahun 2014 untuk ajang ini, ban ini sendiri baik digunakan pada bagian depan dan belakang. Bagi pesertanya sendiri, ban tentu merupakan sebuah komponen yang memiliki peranan vital dalam menunjang performa kendaraan serta pengelolaan banyaknya energi kendaraan yang keluar. Dari macam faktor yang ada, efisiensi energi pada protype LMP1 sendiri ditentukan berdasarkan dua hal, yaitu bobot dan tarikan aerodinamis.

Terkait performa kendaraan ini, ban Michelin yang digunakan mampu mendorong tingkat efisiensi melalui penyesuaian antar suspensi yang terpasang. Ban ini harus menahan bobot kendaraan serta tingkat aerodinamisnya yang cukup besar, dimana muatannya mampu mencapai tiga kali lipat dari berat asli kendaraan. Lebar ban yang diproduksi Michelin untuk LMP1 memiliki angka 15% lebih tipis dibandingkan produksi sebelumnya. Hal ini merupakan peningkatan dari segi berat yang menghemat hingga 8 kg per 1 set hingga tarikan guna menunjang tingkat aerodinamis. Yang terpenting, hal ini mampu dicapai tanpa harus mengorbankan dari segi performa atau durability nya.

Selain berkonsentrasi pada model LMP1, Porsche juga menggandeng Michelin untuk ikut berpartisipasi pada kelas GTE Pro.Setelah merayakan kemangan pada ajang Le Mans 24 tahun lalu dengan kendaraan Porsche 911 RSR sebagai jagoannya, pada saat itu Michelin mampu menyokong ban yang terbukti mampu turun di tiga gelanggang. Dua gelanggang selanjutnya yang diincar adalah pada ajang FIA WEC dan TUSCC.

Michelin Dan Porsche Jadi Partner Pada Ajang Balap Ketahanan

Jean-Charles Simon, selaku Country DIrector PT Michelin untuk Indonesia mengatakan bahwa kemenangan kolaborasi Jerman-Perancis ini akan membawa dampak positif bagi pasar pengguna mobil sport di Tanah Air, khususnya Merk Porsche. Dengan penggunaan ban Michelin, pengendara dijamin mendapatkan kepuasan berkendara yang optimal, serta guna mencapai performa tertentu, pemilik sport car tersebut bisa mendatangi dealer Michelin manapun.

#mobil, #kirimmobil

No Comments

Post A Comment