mclaren-650s

17 Feb McLaren Rilis Penampakan Perdana 650s

Lebih nendang, lebih ringan, dan lebih presisi serta tak lupa lebih mewah, sepertinya kesan itulah yang coba diberikan oleh McLaren ketika mereka memutuskan untuk menciptakan produk teranyar mereka, 650S. Supercar terbaru yang tengah dalam masa produksi ini seakan membuat produk sebelumnya MP4 12C terlihat kuno jika disandingkan dengan 650S. Untuk versi coupe nya diperkirakan akan dijual seharga £195.000 atau sekitar 3,7 Miliar, sementara versi spider hard-top nya akan dibanderol £20.000 lebih mahal.

Pemilihan nama 650S sendiri merupakan kombinasi dari tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 650(641bhp), sementara S merupakan kependekan dari ‘Sport’. Dibandingkan 12C, 650S mengalami peningkatan performa sebesar 25bhp, dan perubahan pada struktur kepala silinder dan batang piston mesin twin turbo V8 3.8L. Puncaknya adalah performa yang mampu dihasilkan sungguh luar biasa, dari 3000 menjadi 7000rpm.

650S-1

Transmisi DCT seven-speed yang diadopsi 650s juga mampu memberikan shifting yang lebih cepat, namun tetap memperhatikan kenyamanan berkendara. McLaren juga mengungkapkan bahwa perangkat lunak yang mengatur transmisi kendaraan telah di revisi membuat 650S halus untuk dikemudikan.

McLaren juga memberikan perubahan pada bagian chassis untuk meningkatkan performa kendaraan agar lebih dinamis pada saat dikendarai. Terbukti dengan sedikitnya guncangan yang dirasakan pada saat turn-in dan cornering berkat penambahan bobot pada bagian pegas depan dan belakang. Dari segi aerodinamis dan desain yang digunakan 650S, head of design Frank Stephenson, yang sebelumnya juga ikut berperan dalam desain 12C, memberikan sentuhan luar biasa yang berbeda pada 650S.

Bisa dilihat pada bagian moncong supercar ini, dimana mengingatkan pada McLaren P1, penggunaan lampu LED pada bagian headlamp dan pipa penyaringan saluran udara yang diperbesar sehingga tidak ada masalah 650S sangat dekat dengan tanah alias ceper. Perubahan pada sisi aerodinamis kendaraan dengan meningkatkan downforce sebesar 40% pada kecepatan 150mph juga memberikan presisi yang lebih baik dalam mengemudi.

Sistem seperti ini dapat ditemui pada kendaraan Formula 1, yaitu dengan melalui DRS (Drag Reduction System). Mobil 650S faktanya tidak hanya berfokus pada urusan kecepatan layaknya kendaraan untuk balapan, dari segi kenyamanan bagi si pengendara, McLaren pun memiliki cara mereka sendiri dengan memasukan serangkaian fitur pada bagian dalam kendaraan.

mclaren-650s

Interiornya 650s dibalut dengan material kulit Alcantara, belum lagi fitur navigasi dengan satelit yang ada, serta kemampuan untuk mendengar siaran digital audio. Calon pemilik supercar mewah ini juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan personalisasi dari segi warna, penggunaan carbon fibre pada jok mobil ataupun bagian lain seperti hood dan semacamnya.

McLaren 650S seolah ingin memperlihatkan kelas pabrikan asal Inggris tersebut pada kelas supercar, mengusung performa kendaraan layaknya track car namun tetap mengutamakan kenyamanan berkendar. 650s diperkirakan akan menjadi ancaman bagi produsen supercar seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, dan lainnya.

No Comments

Post A Comment