15 Mar Mazda HAZUMI: Sebuah Role Model Hatchback Di Masa Depan

Mazda meluncurkan mobil konsep yang diberi nama HAZUMI pada ajang Geneva International Motor Show 2014. Dengan mengusung empat elemen utama pada pengembangan model terbaru antara lain Kodo (Soul of Motion Design), teknologi SKYACTIV, Mazda Proactive Safety dan MZD Connect, sebuah sistem terbaru yang diperkenalkan untuk menunjang konektivitas di kabin kendaraan, dipercaya akan menjadi role model bagi produk Mazda untuk model hatchback nantinya.

mazda hazumi

Mazda Motor Corporation di GIMS 2-14 juga menghadirkan model terbaru yang sudah mengusung Kodo Design, antara lain Mazda 3, Mazda 6 dan Mazda CX-5. Jika pada Hazumi, Kodo ditampikan dalam porsi dimensi yang lebih kompak, terlihat dari guratan garis pada bodi yang cukup tegas. Pada model lain, desainnya sendiri memiliki makna mengekspresikan kehidupan melalui gerakan-gerakan dinamis.

Dari segi mesin yang digunakan, sebuah mesin diesel bernama SKYACTIV-D 1.5L yang terpasang pada Hazumi, Mazda menjanjikan adanya penghematan bahan bakar secara signifikan tanpa kehilangan performa kendaraan sendiri, namun tetap mengusung konsep eco friendly (ramah lingkungan). Hazumi juga mengadopsi fitur keamanan yang disebut i-ACTIVSENSE, dimana fitur ini meningkatkan keselamatan pengendara saat menentukan posisi dan bidang pandang pada saat mengendarai kendaraan. Sementara fitur bernama MZD Connect sendiri menawarkan konektivitas smartphone secara aman dan sudah diatur sesuai kabin di kendaraan.

Sementara penggunaan nama HAZUMI sendiri menurut Chief Designer Mazda HAZUMI, Ryo Yanagisawa, mengatakan bahwa HAZUMI berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti lompatan. Jika dianalogikan, HAZUMI merupakan sebuah ekspresi gerakan yang biasa ditampilkan hewan buas namun tetap kuat dan full energy.

mazda-hazumi-designboom04

Segmentasi mobil mazda HAZUMI sendiri sepertinya akan mengincar pasar anak muda yang dinamis, penuh semangat namun ambisius. HAZUMI juga merupakan contoh dari potensi desain Kodo yang mampu menyesuaikan pada produk Mazda lain yang memiliki ukaran berbeda. HAZUMI mengadopsi garis model lama Shinari, yang dimana penggunaan garis bodi dari depan kebelakang terlihat mirip, namun terlihat lebih eksplosif.

Jika dilihat dari modelnya, Hazumi sendiri bisa dianggap sebagai turunan dari model Mazda 2, dimana model ini cukup laris manis pada pasaran Indonesia.

#mobil, #kirimmobil

No Comments

Post A Comment