Keunggulan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau dengan Kapal Ro-Ro 3

02 Feb Keunggulan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau dengan Kapal Ro-Ro

Umumnya moda transportasi yang digunakan jasa pengiriman mobil antar pulau adalah moda trnasportasi laut. Tentu saja ini berdasarkan pertimbangan jarak tempuh yang mayoritas hanya bisa dilakukan via jalur laut. Adapun alat transportasi laut untuk pengiriman mobil antar pulau yang paling banyak digunakan saat ini adalah kapal Ro-Ro. Mengapa harus kapal Ro-Ro?

Kapal Ro-Ro merupakan kapal berkapasitas besar yang mampu mengarungi lautan luas untuk menyeberangkan kendaraan. Selain itu, sebenarnya mengirimkan mobil melalui jalur laut bisa menggunakan container. Biasanya container dipilih karena memiliki keamanan ekstra. Namun kelemahannya, pengiriman mobil menggunakan container waktu pengiriman atau lead time-nya lebih lama, selain juga biayanya lebih mahal.

Keunggulan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau dengan Kapal Ro-Ro 2

Pengiriman mobil antar pulau menggunakan container bisa memakan waktu lebih lama karena sering terjadi bongkar muat barang ke container. Sementara jika menggunakan kapal Ro-Ro kita hanya tinggal memarkir mobil yang akan dikirim ditempat yang sudah disediakan. Kemudahan ini yang menjadi alasan orang lebih memilih jasa pengiriman mobil antar pulau menggunakan kapal Ro-Ro.

Lokasi pemarkiran mobil yang disediakan di kapal Ro-Ro diatur sedemikian rupa serta dilengkapi sistem kunci roda sehingga ketika kapal mengalami guncangan, mobil tidak bergeser sedikitpun. Meski tidak memiliki sistem pengamanan mewah layaknya container, namun keamanan pengiriman mobil menggunakan kapal Ro-Ro juga sangat terjamin. Apalagi juga tersedia asuransi.

Keunggulan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau dengan Kapal Ro-Ro

Untuk mengetahui biaya yang dikenakan untuk satu unit mobil yang dikirimkan via kapal Ro-Ro, butuh satu alat bernama Lanes in Meters. Fungsi alat ini untuk mengetahui (mengukur) panjang dan lebar mobil yang akan dikirimkan. Biaya yang dibayarkan juga sesuai dengan luas area yang digunakan memarkir mobil di kapal tersebut. Untuk mendapatkan hasil penghitungan biaya kirim mobil kita hanya bisa mengetahuinya di dermaga.

Perusahaan jasa pengiriman mobil antar pulau biasanya menggunakan kapal Ro-Ro ukuran standar atau ukuran biasa dengan kapasitas 200 hingga 300 unit mobil untuk sekali angkut.  Namun belakangan perusahaan pelayaran internasional sudah mengembangkan kapal sejenis kapal Ro-Ro dengan fungsi yang sama. Hanya saja kapal terbaru ini dikabarkan mampu menampung 1000 unit mobil layaknya kapal container.  

 

No Comments

Post A Comment