mobil pertama Yamaha

28 Feb Intip Penampakan MOTIV.e, Mobil Pertama Dari Yamaha

Beberapa bulan yang lalu, Yamaha telah memajangkan konsep mobilnya saat di Tokyo, Jepang. Dan akhirnya konsep itu dibocorkan oleh Yamaha dengan spesifikasi yang terbilang oke untuk sebuah city car. Mobil pertama dari Yamaha yang bernama MOTIV.e ini menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Kecepatannya? Tidak perlu diragukan, mobil listrik ini mampu ngebut hingga kecepatan diatas 105 km/jam.

Untuk performa dari MOTIV.e ini, meskipun kecepatan maksimumnya hingga 105 km/jam, namun akselerasi mobil ini dari keadaan diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 15 detik. Untuk kategori mobil listrik, mobil Yamaha MOTIV.e ini termasuk yang memiliki akselerasi baik dibandingkan dengan mobil – mobil listrik lainnya.

mobil pertama Yamaha

Selama dites, mobil ini mampu menemani 2 orang penumpangnya dengan jarak lebih dari 160 km. Jika dikira – kira, jarak tersebut bisa diibaratkan jarak Jakarta – Bandung. Untuk penggunaan baterainya, cukup melakukan sekali cas hingga baterainya penuh. Baterai yang digunakan pada mobil listrik ini berjenis baterai Lithium – Ion yang berkapasitas sekitar 8,8 kWh. Untuk mengecasnya, Anda cukup menunggu selama 3 jam saja menggunakan listrik yang tersedia di rumah Anda. Namun, jika Anda sedang terburu – buru, Anda pun bisa melakukan pengecasan cepat selama 1 jam, meskipun isinya tidak penuh.

Untuk powertrain-nya memiliki kapasitas 25 kW, secara kontinyu biasanya berkapasitas 15 kW. Torsi yang dikirimkan ke roda mencapai 658 Nm hingga menuju puncaknya pada 896 Nm. Transmisi yang diusung dari mobil MOTIV.e ini hanya single speed saja, yaitu menggunakan rear drive seperti mobil – mobil yang ada di Indonesia pada umumnya (kecuali yang 4WD semacam Escudo, dll). Mobil ini tidak terlalu panjang, hanya 2.690 mm saja, lalu lebarnya 1.470 mm, dan tinggi 1.480 mm. Radius putar mobil ini 7,5 m. Berat mobil MOTIV.e sekitaran 730 kg, meskipun cukup berat tetapi masih bisa melaju cukup kencang seperti yang diungkapkan sebelumnya di atas.

Sasis yang digunakan bertipe iStream, bodinya Upcycled plastic panel. Demi keamanan, MOTIV.e menggunakan ABS-ESP, Traction Control. Terdapat juga fitur keamanan pasif seperti adanya Airbag, crush zone occupant safety cell, anti-side intrusion system. Suspensi depan menggunakan Strut, whisbone, dan antiroll bar independent. Sedangkan untuk suspense belakangnya mengunakan iLink, independent. Pelek yang digunakan berukuran 15 inch x 4,5 inch dan ukuran ban depan 135 x 70 x 15 inch dan ban belakangnya 145 x 65 x 15 inch.

mobil pertama Yamaha 2

Berjenis mobil listrik city car, kapasitas penumpang ini hanya 2 orang saja, termasuk supir di dalamnya. Dengan ukuran yang imut, mobil ini hanya cocok untuk digunakan di wilayah perkotaan saja. Sayangnya, meskipun sudah dipamerkan di tahun 2014 ini, Yamaha MOTIV.e kabarnya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang ke pasaran, sehingga Anda harus masih bersabar untuk dapat meminang mobil ini.

#kirimmobil, #mobil

No Comments

Post A Comment