Biaya Kirim Mobil dengan Car Carrier dan Car Towing

Biaya Kirim Mobil

Biaya Kirim Mobil dengan Car Carrier dan Car Towing

Bagi golongan masyarakat tertentu mobil kadang menjadi simbol identitas. Persepsinya hampir sama, dengan memiliki mobil derajat seseorang akan naik satu level lebih tinggi. Tapi itu dulu, meskipun masih masuk kategori barang mewah kini mobil tidak lagi sebagai simbol kemewahan namun lebih sering dijadikan media untuk melancarkan bisnis. Zaman sekarang semua aktivitas dituntut serba cepat, serba mudah, serba praktis, dan mobil dapat mewakili semua itu. Permintaan pengiriman mobil dari satu kota ke daerah tertentu menjadi satu bukti bahwa mobil adalah alat transportasi serbaguna paling efektif untuk menunjang berbagai aktivitas. Oleh karena beberapa alasan tersebut cukup wajar jika biaya kirim mobil yang ditawarkan beberapa perusahaan jasa ekspedisi terbilang mahal.

Mahalnya biaya kirim mobil terutama untuk pengiriman antar pulau disebabkan oleh berbagai hal. Mobil bernilai tinggi sering menjadi pertimbangan jasa ekspedisi ‘terpaksa’ memberlakukan tarif mahal, hal ini wajar sebab mobil mewah (misalnya mobil sport) butuh proteksi dan pengawasan ekstra sehingga biaya yang dibutuhkan juga bertambah. Alasan lain mungkin karena pilihan pengiriman menggunakan armada berbeda. Perlu diketahui perusahaan ekspedisi biasanya menawarkan beberapa pilihan pengiriman seperti menggunakan kapal Roro, Car carrier, Car Towing, dll. Dari beberapa sistem pengiriman tersebut tentu tarifnya berbeda, intinya biaya kirim mobil yang diberlakukan ada yang mahal dan ada yang murah, tergantung dari jenis pengiriman yang dipilih.

Biaya Kirim Mobil

Biaya Kirim Mobil

Car Carrier dan Car Towing

Car carrier dan Car Towing merupakan dua pilihan pengiriman mobil yang bisa dibilang bertolak belakang terutama menyangkut masalah harga. Car Carrier adalah metode pengiriman mobil menggunakan truk khusus (seperti truk trailer) dengan daya angkut sekitar 5 hingga 6 mobil. Daya jelajah car carrier sangat terbatas sebab hanya bisa melayani beberapa kota dalam radius tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan jenis pengiriman mobil menggunakan kapal Roro yang melayani hampir semua kota di pulau-pulau besar di Indonesia dan semua kota yang memiliki pelabuhan sandar. Dari segi tarif, biaya kirim mobil dengan Car Carrier ini relatif murah. Namun untuk pengiriman mobil yang sifatnya mendesak Car Carrier bukan pilihan yang tepat sebab pemberangkatannya sendiri harus menunggu truk terisi penuh.

Lain Car Carrier lain juga dengan Car Towing. Meskipun keduanya sama-sama memiliki keterbatasan dalam hal rute atau jangkauan pengiriman namun biaya pengiriman mobil mengggunakan sistem ini harganya lebih mahal. Hal ini cukup masuk akal sebab Car Towing adalah pengiriman mobil dimana armada yang digunakan hanya berisi 1 unit mobil saja. Oleh sebab itu jenis pengiriman ini sering disebut pengiriman mobil khusus. Satu keunggulan dari sistem pengiriman mobil Car Towing adalah dapat diberangkatkan sewaktu-waktu sesuai permintaan customer. Jadi untuk pengiriman mobil yang sifatnya darurat Car Towing adalah pilihan paling tepat.

Untuk menekan biaya atau ongkos kirim mobil dengan tujuan manapun, sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan dari pengiriman mobil itu sendiri. Intinya kedua opsi diatas (car carrier dan car towing) bisa dijadikan acuan untuk memilih mana yang lebih penting. Jika pengiriman mobil sifatnya mendesak, misalnya akan dipergunakan secepatnya maka car Towing bisa dijadika pilihan, dengan catatan biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Sebaliknya jika mobil yang dikirim milik perseorangan dan bisa ditolelir dalam hal waktu,maka sebaiknya menggunakan jasa pengiriman Car Carrier, selain biaya kirim mobil ini lebih murah dalam hal keamanan juga lebih terjamin sebab kemungkinan besar dikirim bersamaan oleh beberapa pengirim sekaligus.

No Comments

Post A Comment