10 Feb Review New Mazda2 RZ

Secara tampilan perubahan yang dilakukan oleh Mazda Motor Indonesia memang tak memberikan efek yang berarti, alias hampir tak ada bedanya dengan varian sebelumnya. Namun dibalik itu ternyata ada sedikit ramuan baru yang dihadirkan New Mazda2 RZ dalam upayanya untuk menampilkan suasana baru. Walau memang tak memiliki bobot yang berarti dalam sektor eksterior dan interior namun dari segi fitur kali ini New Mazda2 RZ hadir dengan kelebihan tersendiri.

Bila melihat Mazda2 versi sebelumnya pasti Anda akan terkejut kala Anda memandang varian faceliftnya, karena memang secara tampilan tak ada yang berbeda. Lalu apa saja yang diubah oleh Mazda yang memiliki tagline Zoom Zoom ini dalam menghadirkan penyegaran terhadap Mazda2?

Tampilan depan bak pinang dibelah dua dengan generasi sebelumnya, tapi coba perhatikan sektor foglampnya yang memiliki desain baru dan terlihat jauh lebih simple dari versi sebelumnya. Tak hanya itu saja, bagian lampu utama juga telah diupgrade menggunakan projector headlamps yang memberikan pencahayaan lebih terfokus sehingga sisi visibilitas ketika sedang berkendara di malam hari jauh lebih baik.

Tak hanya itu, tampilan New Mazda2 RZ yang datang dengan menganut desain sporty dan stylish kini lebih terlihat dinamis dengan adanya pelek baru berbahan alumunium dengan dimensi 16″.

Masuk kesektor interior, lagi-lagi disini bila Anda tak jeli pasti akan menganggap tak ada bedanya dengan versi terdahulu, namun bila diperhatikan sejenak minor change yang dilakukan MMI pada New Mazda2 RZ ini ada pada sektorĀ  lapisan jok yang mengunakan bahan fabric baru. Kendati demikian, sektor kabin masih terasa biasa saja dengan tatanan yang simple dan juga doortrim yang hanya terlapis bahan plastik.

Agresif dan energik mungkin kalimat itu cocok untuk mengambarkan performa dari New Mazda2 RZ yang masih mengunakan mesin lamanya, MZR 1.5L DOHC 16-valve 4-cylinder dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Mesin ini diklaim mampu mengantarkan tenaga maksimal hingga 103 PS pada 6000 rpm dan torsi 13.76 Nw pada 4000 rpm. Dengan demikian tenaga putaran yang dihasilkan oleh Mobil New Mazda2 RZ ini memang cukup responsif. Baik dari putaran menegah hingga atasnya. Moment terbaik yang dapat dipacunya adalah saat rpm berada di atas 2500-3000, dimana tenaga terasa terus mengisi hingga putaran atasnya.

Dari titik diam menuju 100 km/jam mampu dituntaskan oleh New Mazda2 RZ dalam waktu kurang dari 12 detik, sedangkan ketika mencicip tarikan atas alias top speednya pada mode “S” mesin sedikit menderung hingga terdengar dan masuk keruang kabin. Sayangnya, saat digeber habis hingga jarum spidometer mengarah ke angka 140 lebih, si mungil ini mulai goyang layaknya gejala limbung dengan sedikit getaran sehingga kami pun memutuskan untuk menurunkan pedal gas sedikit demi sedikit.

Rasa dan sensasi yang dihadirkan tak beda dengan varian sebelumnya, kelincahan dalam sisi handling tetap menjadi jargon dari New Mazda2 RZ ini. Ukuran dimensi yang kompak ditambah dengan suspensi depan menggunakan Independent MacPherson strut serta Torsion beam di bagian belakang yang didukungan fitur Electric Power Assist Steering (EPAS) membuat si Zoom Zoom ini cukup smooth kala bermanuver.

 

Sumber

No Comments

Post A Comment